Kongres dan Konfernas IMABI 2020

Hai Hai Mahasiswa di Seluruh Indonesia

Di bulan Agustus ini Himaistra hadir dengan kegiatan yang menarik loh, apalagi kalau bukan “Kongres dan Konfernas IMABI 2020” dengan tema “Menata Fundamental Pengusaha Muda Guna Membangun Kejayaan Indonesia”. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk partisipasi Administrasi Bisnis  Universitas Jember untuk mewujudkan persatuan dan menjalin relasi dalam rangka mengembangkan studi keilmuan administrasi bisnis di Seluruh Indonesia. Universitas Jember dipilih menjadi tuan rumah dalam agenda tertinggi Ikatan Mahasiswa Ilmu Administrasi Bisnis Indonesia (IMABI) setelah diputuskan dalam sidang pleno saat Konfernas di Bandung 2019 lalu.

Dalam kegiatan Kongres dan Konfernas tahun ini dilaksanakan secara daring dikarenakan adanya Pandemi Covid-19, Namun hal ini tidak menyurutkan semangat para panitia maupun delegasi untuk tetap melanjutkan jalannya roda organisasi meski harus diterpa badai pandemi. Dalam kegiatan Kongres dan Konfernas 2020 akan ada 4 kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu Kongres dan Konfernas, Business Plan Competition 2020, Webinar Nasional dan Bharamukti (Bhakti Administrasi Untuk Negeri).

Berikut timeline kegiatan :

  1. Kongres Nasional : 25 – 31 Agustus 2020
  2. Business Plan Competition 2020 : 3 Agustus – 27 September 2020
  3. Webinar Nasional : 27 September 2020
  4. Bharamukti : 3 Oktober 2020 (Penyaluran Donasi)

Kongres dan Konfernas akan dilakukan secara daring menggunakan virtual meeting Zoom dengan mekanisme yang akan disampaikan dikemudian hari. Seperti halnya Kongres dan Konfernas sebelum-sebelumnya, kegiatan ini akan membahas tentang keberlangsungan organisasi serta memilih pemimpin IMABI baru untuk melanjutkan tongkat estafet sebelumnya.

Untuk pelaksanaan Lomba Business Plan Competition 2020 dapat dilihat dalam pamflet berikut :

Business plan ini merupakan kompetisi bisnis bagi mahasiswa di seluruh wilayah Indonesia pada tingkat jenjang pendidikan D3-D4/S1 dengan tujuan untuk menumbuhkan jiwa, sikap dan semangat berwirausaha. Tentunya dilakukan secara inovatif dan kreatif, mengingat saat ini telah memasuki generasi muda di era digital. National Business Plan Competition yang diadakan oleh Himaistra mengusung tema “Optimalisasi Inovasi Lokal Guna Menghadapi Era Society 5.0”. Dengan adanya kompetisi ini, diharapkan mahasiswa dapat merancang dan menggali lebih dalam ide bisnis yang berkaitan dengan tema tersebut serta dapat mencetak para wirausahawan muda (young entrepreneur) yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan serta mengatasi masalah pengangguran di Indonesia.

SUB TEMA :

a. Industri Kreatif
b. Pangan
c. Kesehatan
d. Sociopreneur
e. Pariwisata dan Budaya Lokal
f. Teknologi Berbasis Lokal

SYARAT PESERTA LOMBA :

a. Mahasiswa aktif (D3-D4 / S1) di seluruh Indonesia.
b. Setiap tim terdiri dari 2 – 3 orang.
c. Setiap tim diperbolehkan berasal dari jurusan / fakultas yang berbeda, namun dari instansi yang sama. d. Setiap peserta hanya terdaftar dalam 1 tim.
e. Busines Model Canvas yang dikompetisikan bersifat orisinil, tidak ada unsur SARA dan plagiarisme serta belum pernah dilombakan sebelumnya.
f. Busines Model Canvas yang dikompetisikan bersifat belum dijalankan, apabila karyanya tersebut sudah berjalan maka akan di diskualifikasi oleh panitia.
g. Tidak diperbolehkan menggunakan ide bisnis berbasis MLM, agen asuransi, member
broker property, agen penjualan investasi, bursa berjangka, dan semua sistem keagenan yang serupa dengan skema tersebut.
h. Busines Model Canvas yang dikompetisikan tidak diperbolehkan mengandung indikasi skema money game, arisan berantai, atau skema piramid.
i. Keputusan juri dan panitia mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Pendaftaran dilakukan dengan mengisi formulir daftar riwayat hidup yang tersedia pada link http://bit.ly/FormPendaftaranBMCIMABI2020 dan mengunduh template BMC pada link http://bit.ly/TemplateBMCIMABI2020. Pendaftaran dan pengumpulan BMC tidak dipungut biaya dan dapat dikirimkan melalui email kongresimabibmc@gmail.com

Agenda berikutnya adalah Webinar nasional. Webinar  merupakan  salah satu rangkaian kegiatan dari Kongres dan Konfernas IMABI 2020 yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Universitas Jember. Webinar ini mengambil tema “Create Your Masterpiece In The New Normal Era From Digital Startup Innovation”. Tema ini didasarkan pada pemikiran untuk menggugah generasi muda agar dapat mengeksplor diri dan menciptakan karya yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain walau saat ini kita sedang menghadapi kondisi new normal akibat adanya pandemi. Penerapan digital startup sebagai langkah awal dalam membangun dan menciptakan sebuah karya didukung dengan adanya era revolusi industri 4.0, bahkan saat ini mulai muncul peradaban baru yakni Society 5.0 yang mana teknologi akan sangat berkembang pesat dan menjadi bagian terpenting dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, dengan adanya tema ini diharapkan kita dapat tergugah untuk berkreasi membuat karya yang inovatif ciptaan kita sendiri untuk bisa menghadapi masa sekarang maupun masa yang akan datang dengan inovasi digital startup.

Terakhir adalah Bharamukti atau Bhakti Administrasi Untuk Negeri. Kegiatan ini merupakan kegiatan bhakti sosial dengan menyalurkan berbagai bantuan yang berhasil dikumpulkan kepada warga Dusun Padasan Kecamatan Arjasa. Kegiatan ini sebagai bentu kepedulian kami dan seluruh kampus anggotan IMABI atas kondisi pandemi yang memukul berbagai sektor khususnya sektor ekonomi. Sehingga dalam serangkaian kegiatan ini kita juga menaruh perhatian kepada situasi dan kondisi bangsa ini yang membutuhkan peranan saling bahu membahu dan bantu membantu dalam menghadapi pandemi covid-19. Alasan dipilihnya Dusun Padasan sebagai sasaran donasi yaitu karena secara geografis kondisinya sangat sulit dijangkau sehingga dalam hal mencapai kesejahteraan masih kurang diuntungkan dibandingkan dengan daerah yang lain. Dalam segi pendidikan pun warga sekitar Padasan terutama anak-anak masih tertinggal,hal ini dikarenakan jarak untuk mengakses pendidikannya sangat sulit. Selain itu, teknologi yang ada sangat jauh dari kata layak. Oleh karenanya, kami melaksanakan kegiatan ini sebagai sarana untuk meningkatkan rasa kepedulian mahasiswa terhadap masyarakat di lingkungan sekitar juga sebagai sarana bagi mahasiswa untuk membagikan ilmu yang dimiliki sehingga ilmu tersebut bisa bermanfaat baik bagi mahasiswa itu sendiri maupun bagi orang-orang sekitar.

Okay untuk lebih lanjutnya silahkan dikepoin ya di Ig @imabiunej2020 dan pastikan kampusmu mengikuti kegiatan tersebut, karena ada reward nya loh.

Salam Mahasiswa ! Djajati Administrasi ! Go Bisnis Go !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2020 Selamat Datang | Audioman by Catch Themes