Tips Menunaikan Ibadah Puasa di Tengah Pandemi Agar Tetap Sehat dan Produktif

Bulan ramadhan merupakan momentum yang pas untuk memperbanyak ibadah, mulai dari sebelum matahari terbit hingga terbenam, maupun setelahnya selama 30 hari penuh. Kesehatan dan kebugaran tubuh selama berpuasa sebulan penuh harus lebih dijaga agar ibadah bisa berjalan lancar dan khusyu’. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini.

Ramadhan kali ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, adanya pandemi COVID-19 menghambat beberapa aktivitas ibadah seperti sholat terawih, buka bersama dan tadarus bersama sebab pemerintah melarang kita untuk melakukan kegitan secara berkerumun. Meskipun dibeberapa daerah tetap melakukan aktivitas ibadah namun dengan prosedur yang telah ditentukan oleh tim kesehatan dan pemerintah. Akan tetapi adanya pandemi tersebut tentunya tidak menghambat kita untuk tetap  menjaga kesehatan, beraktivitas  dan beribadah agar tetap sehat dan produktif. Nah hal-hal apa saja yang dapat kita lakukan agar ibadah kita jalan, kesehatan dan produktifitas kita juga tetap jalan dibulan yang penuh berkah ini? Nih, writer kasih tips.

1. Aktif Berolahraga

Saat kita menjalankan ibadah puasa kita menahan lapar dan dahaga, akan tetapi hal tersebut bukan menjadi alasan kita untuk bermalas-malasan. Kita harus tetap menjaga kondisi tubuh kita agar tetap fit selama 30 hari kedepan. Nah lakukanlah beberapa olahraga ringan yang tidak terlalu mengeluarkan keringat 2-4 kali dalam seminggu, misalnya yago dengan gerakan santai, jalan kaki keliling halaman rumah, atau sekedar angkat beban ringan. Tetapi ingat ketika kita melakukan aktifitas olahraga diluar rumah kita harus tetap menjaga jarak 1-2 meter dengan orang lain lho..

2. Penuhi Nutrisi dan Cairan Tubuh

Selama 30 hari kedepan menunaikan ibadah puasa, kita harus mengontrol kebutuhan nutrisi dan cairan tubuh kita agar tetap sehat ditengah pandemi. Agar tidak kekurangan energi serta vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, kita perlu mengonsumsi makanan bergizi saat sahur maupun berbuka. Lengkapilah menu sahur dan buka puasamu dengan makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks sebagai sumber energi, protein yang dapat menjaga daya tahan tubuh, dan serat untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, tetap minum air putih yang cukup, mulai dari berbuka puasa hingga sebelum sahur, agar tubuhmu tidak kekurangan cairan (dehidrasi) dan kurangi mangonsumsi makanan cepat saji serta minuman yang berkafein tinggi agar tubuh tidak dehidrasi selama berpuasa.

3. Istirahat yang Cukup

Ketika kita menjalankan puasa badan akan terasa lemas, namun hal tersebut bukan berarti kita harus selalu beristirahat atau tidur sepanjang hari. Kita dianjurkan untuk tidur cukup tidak kurang dan tidak berlebihan. Meskipun terdengar sepele jika kita tidur terlalu lama atau kurang hal tersebut akan menganggu imunitas tubuh kita lhoo. Nah agar tetap tetap fit usahakan tidur cukup ya. Tidur lebih awal dan tidak begadang untuk menjaga imunitas tubuh kuat agar terhindar dari penyakit dan puasa tetap lancar.

4. Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan itu sangatlah penting sebab kebersihan merupakan bagian dari iman, apalagi ditengah pandemi COVID-19 seperti saat ini kita harus lebih ekstra menjaga kebersihan. Nah selama kita berpuasa kita tidak boleh nih bermalas-malasan dalam menjaga kebersihan lingkungan dan tubuh. Untuk itu kita harus rajin mandi 2 kali dalam sehari, membersihkan rumah dan pakaian kita, memakai masker ketika keluar rumah serta jangan lupa cuci tangan ya..

5. Perbanyak dan Atur Jadwal Ibadah

Bulan suci ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, ini kesempatan kita untuk memperoleh pahala yang dilipat gandakan. Untuk itu kita dianjurkan memperbanyak amal shaleh dibulan yang penuh berkah ini. Kalian bisa bikin jadwal kegiatan ibadah selama bulan suci ini seperti membaca Al qur’an, sholat tarawih, membantu orang-orang disekitar kita dan masih banyak lagi. Agar bulan ini tidak tersia-siakan begitu saja yuk mulai saat ini konstisten beramal shaleh.

6. Segerakan Mengerjakan Pekerjaan

Nah pasti diantara kita sering mengengeluh kan mengenai kuliah online selama beberapa minggu belakangan ini, ya bagaimana tugas tidak numpuk lhawong ngerjakannya dirumah biasanya sambil main instagram, twitter, whatsapp, youtube, facebook (semua medsos dah) akhirnya  kita jadi malas-malasan dan menunda-nunda pekerjaan apalagi kita sedang berpuasa lho. Eiitss tapi itu tidak boleh diterus-terusin karena bisa menumpuk pekerjaan dan akhirnya kita tidak sungguh-sungguh mengerjakan tugasnya dan akhirnya merusak jam tidur kita. Nah untuk itu ketika ada tugas agar tetap produktif dibulan ramadhan maka segerakanlah mengerjakan tugas ya…

7. Melakukan Kegiatan yang Produktif

Nah pasti diantara kita semua punya hobi dong, biasanya cewe-cewe nih suka memasak. Bisa loh kegiatan tersebut kita manfaatkan agar produktif, lumayanlah buat mengisi kantong disaat kuliah daring dan pandemi ini. Kita bisa membuat makanan atau minuman yang bisa dijual secara online atau kita juga bisa melakukan bisnis kecil-kecilan seperti berjualan online tapi tidak harus makanan agar ramadhan kita tetep produktif.

Nah itu tips dari writer buat kalian semuanya, dalam keadaan seperti ini kita harus tetap produktif serta menjaga kesehatan kita.

Semangat!!

Oleh : Dwi Aviva – Staff Departemen Operasional Himaistra 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2020 Selamat Datang | Audioman by Catch Themes