Berkenalan dengan Administrasi Bisnis

Selamat datang kepada Calon Mahasiswa Baru Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Jember Angkatan 2020 yang telah dinyatakan lulus melalui seleksi SNMPTN dan kepada kalian yang sebentar lagi bergabung melalui jalur SBMPTN juga SBMPTBR.

Akhirnya masa yang telah kalian nanti-nanti telah tiba. YAP! masa perkuliahaan. Setelah menghabiskan waktu di masa sekolah kurang lebihnya 12 tahun, sekarang kalian akan melanjutkan pendidikan di universitas. Dan juga setelah kalian dinyatakan lulus pada Program Studi Administrasi Universitas Jember, pastinya kalian pengen buru-buru untuk masuk kuliah, kan ?. Tapi sabar dulu, untuk memulai masa perkuliahaan, kalian nantinya harus mengikuti kegiatan perkenalan kampus dulu, ya biasanya dikenal sebagi Ospek. Nah, sebelum kalian nantinya mengikuti kegiatan perkenalan kampus, baiknya kalian harus tahu dulu mengenai seputar Administrasi Bisnis Unej dan kali ini writer akan menjelaskan mengenai Administrasi Bisnis Unej. Mungkin beberapa dari kalian belum begitu tahu tentang Administrasi Bisnis, terutama Administrasi Bisnis di Unej, betul bukan ?. Nah, pertanyaan yang mungkin sering kali dipertanyakan pada diri kalian sih biasanya, Apa sih Administrasi Bisnis Itu ?. Kata orang-orang Administrasi Bisnis itu sama kayak Manajemen, betul ga sih ? terus, Administrasi ‘Bisnis’, kalo ngomongin bisnis kan pastinya ngomongin ekonomi juga, tapi kok Administrasi Bisnis Unej ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik bukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis atau di Fakultas Ilmu Administrasi, kenapa begitu ? Apa aja yang bakal dipelajari di Administrasi Bisnis ? Nanti kalo udah lulus, prospek kerjanya apa ?.

Barangkali pertanyaan-pertanyaan barusan merupakan pertanyaan yang sekarang ini kalian belum tahu jawabannya. Maka dari itu, writer akan menjelaskan kepada kalian beberapa hal mengenai Administrasi Bisnis. Yuk simak artikel berikut ini!

Pertanyaan pertama, Apa sih Administrasi Bisnis itu ?
Ada 2 kata, Administrasi dan Bisnis. Biasanya orang awam ketika dengar kata administrasi, pasti kesan pertamanya kegiatan yang sekadar melakukan catat-mencatat, surat-menyurat, ketik-mengetik, atau pengurusan berkas-berkas. Apa iya pengertian administrasi benar begitu ? ya gak salah juga sih, tapi itu pengertian sempitnya aja, sedangkan pengertian luasnya administrasi itu kegiatan yang berhubungan dengan pembuatan rencana,pengambilan keputusan, dan pembuat kebijakan. Dari pengertian luasnya aja udah jelas kan kalo administrasi itu mempunyai posisi yang vital di sebuah kelompok, entah itu di perusahaan bahkan instansi pemerintah. Nah, pembahasannya selanjutnya bisnis. Bisnis merupakan kegiatan penjualan yang dilakukan oleh pebisnis kepada masyarakat (konsumen) dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan (profit), Jadi, dari pembahasan barusan dapat disimpulkan kalo Administrasi Bisnis adalah suatu bidang studi khusus yang mempelajari tentang pengelolaan dalam kegiatan berbisnis secara universal atau meyeluruh.

Pertanyaan kedua, Administrasi Bisnis itu sama kayak Manajemen, ya ?

Administrasi Bisnis dan Manajemen memang sering kali dianggap sama, tapi pada dasarnya keduanya itu berbeda. Terus apa bedanya ?. Bedanya itu kalo di Administrasi Bisnis ruang lingkup yang dipelajari lebih besar dibandingkan Manajemen, karena di Administrasi Bisnis ini kalian akan mempelajari secara keseluruhan tentang kegiatan berbisnis, mulai dari penetapan kebijakan, pengembangan sumber daya manusia, keuangan, dan penentuan tujuan. Sedangkan Manajemen ini ruang lingkup yang paling kecil dalam kegiatan berbisnis, yang dipelajari nanti hanya sebatas sebagai pelaksana atas keputusan-keputusan yang telah ditetapkan oleh administrasi. Jadi singkatnya, kalian nanti di Administrasi Bisnis akan mempelajari secara keseluruhan tentang bisnis, sedangkan Manajemen lebih difokuskan mempelajari sebagai pelaksana jalannya kegiatan bisnis. Kalo diperhatiin lebih detail tentang penjabaran tadi, kalian akan mempelajari bagaimana caranya menjadi seorang pemimpin. Jadi kalian harus bangga  lulus di Program Studi Administrasi Bisnis!

Pertanyaan ketiga, Kenapa Administrasi Bisnis di Unej berada di FISIP ?
Pertama-tama yang harus kalian tahu, kalo bisnis itu tidak sama dengan ekonomi, walaupun dalam dunia bisnis juga membicarakan tentang ekonomi. Di ilmu ekonomi ada yang namanya prinsip ekonomi, yaitu “meraih keuntungan sebesar-besarnya dengan modal sekecil-kecilnya”. Nah, tugas untuk melaksanakan bagaimana mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya ini merupakan tugas utama dari anak-anak Manajemen dan Akuntansi, yang dimana jurusan ini berada pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Terus kalo di bisnis ini gak cuma sekadar membicarakan mendapat keuntungan, tapi juga gimana caranya mengerti perilaku konsumen, pengembangan sumber daya manusia, komunikasi dengan masyarat, dan juga harus ngerti politik karna politik ini mempunyai hubungan yang erat dengan dunia bisnis, nah ini tugasnya Administrasi Bisnis. Loh maksudnya apa ? maksudnya tuh ilmu-ilmu yang mempelajari tentang masyarakat, politik, dan komunikasi berada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politilk, nah maka dari itu alasan kenapa Administrasi Bisnis Unej berada di FISIP. Oh iya, pertanyaan kenapa ga di Fakultas Ilmu Administrasi, ya karena di Unej belum ada fakultas itu hehe.

Pertanyaan keempat, Apa aja sih mata kuliah yang ada di Administrasi Bisnis ?
Di Adminstrasi Bisnis nanti kalian gak cuma belajar tentang bisnis aja, tapi kalian juga nanti bakal mempelajari tentang politik, sosial, ekonomi, lingkungan, organisasi, hukum, ilmu komunikasi, manajemen dan filsafat. Seperti mata kuliah Pengantar Ilmu Politik,  Filsafat Ilmu Pengetahuan dan Etika Akademik, Pengantar Sosiologi, Pengantar Ilmu Ekonomi, Akuntasi, Public Relations, Manajemen Koperasi, Manajemen Pariwisata, Manajemen Sumber Daya Manusia, Pengantar Lingkungan dan Amdal, Pengantar Ilmu Hukum, dan masih banyak lagi. Dan nantinya akan ada konsentrasi atau pemfokusan ilmu ketika kalian berada di Semester 5, konsentrasi ilmu di Administrasi Bisnis Unej ada 4, yaitu Konsentrasi Manajemen SDM, Konsentrasi Pemasaran, Konsentrasi Manajemen Produksi, dan Konsentrasi Keuangan. Pada Manajemen SDM kalian akan difokuskan untuk mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan pengembangan sumber daya manusia, kebijakan untuk pengembangan organisasi, dan hubungan industrial. Konsentrasi kedua yaitu Pemasaran yang nantinya kalian akan difokuskan untuk mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan kebijakan dan strategi pemasaran, komunikasi pemasaran, dan inovasi pemasaran. Konsentrasi ketiga yaitu Manajemen Produksi yang nantinya kalian akan difokuskan untuk mempelejari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan kebijakan dan strategi operasi, operasi jasa, manajemen persediaan, dan manajemen kualitas. Dan konsentrasi yang terakhir adalah Keuangan yang nantinya kalian akan difokuskan untuk mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan perencanaan keuangan, akuntansi, dan keuangan internasional. Jadi dari 4 konsentrasi ilmu yang dijelaskan barusan, kalian akan memilih salah satu dari empat konsentrasi tersebut.

Pertanyaan kelima, Apa aja prospek kerja lulusan Administrasi Bisnis ?
Prospek kerja lulusan Administrasi terbuka sangat luas. Kalian yang nantinya akan menjadi lulusan Administrasi Bisnis dapat bekerja di sebuah perusahaan nasional, perusahaan multinasional, instansi pemertintahan, sekolah atau universitas, bahkan membuka usaha sendiri dengan bewirausaha.
Untuk lebih lengkapnya, yuk kita lihat daftar prospek kerja lulusan Administrasi Bisnis sebagai berikut :

1. Entrepeneur/Pengusaha

Kalo ngomongin tentang bisnis, rasanya kurang lengkap kalo ga ngomongin wirausaha.
Yap! Menjadi Enterpeneur/Pengusaha pastinya cita-cita yang diinginkan banyak orang, pastinya termasuk kalian juga, bukan ?.

Pada saat kalian berada di Adminstrasi Bisnis, kalian akan mempelajari Akuntansi, Sumber Daya Manusia, Ketenagakerjaan, Organisasi dan Manajemen, dan seluruh ruang lingkup yang ada dalam dunia bisnis pastinya akan dipelajari di Administrasi Bisnis. Dengan itu semua yang dipelajari akan sangat memungkin para lulusan Administrasi Bisnis untuk menjadi seorang Entrepreneur/Pengusaha.

2. Konsultan Bisnis

Konsultan bisnis adalah seseorang yang memberikan jasa konsultasi bisnis yang dapat dipercaya untuk memberi nasihat mengenai berbagai aspek bisnis kepada klien.
Dengan berbagai ilmu pengetahuan seputar bisnis yang kalian pelajari di Administrasi Bisnis nanti, pastinya itu merupakan modal yang besara yang nantinya akan sangat jelas memungkin kalian untuk menjadi seorang Konsultan Bisnis. Nantinya kalian dapat membangun perusahaan konsultan bisnis kalian sendiri ataupun bekerja sebagai konsultan bisnis di perusahaan orang lain.


3. Konsultan Keungan

Konsultan keuangan adalah seseorang yang memberikan jasa konsultasi keuangan yang dapat dipercaya memberi nasihat maupun rencana keuangan kepada perseorangan ataupun perusahaan.
Dengan mata kuliah yang kalian pelajari di Administrasi Bisnis, seperti Akuntansi Bisnis. Keuangan Bisnis, Akuntansi Biaya, dan Keuangan Internasional, itu semua akan menjadi modal kalian yang nantinya sangat memungkinkan kalian untuk menjadi seorang Konsultan Keuangan.

4. Staff HRD (Human Resource Develompent)

Staff HRD (Human Resource Develompent) adalah seseorang yang mengemban tugas untuk merekrut karyawan baru dan pengembangan keahlian karyawan pada sebuah perusahaan.
Di Administrasi Bisnis kalian akan mendapatkan mata kuliah  Pengembangan Sumber Daya Manusia, Public Relations, Kebijakan dan Strategi Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Manajemen, Perilaku Organisasi, dan Hubungan Industrial. Dengan mata kuliah  yang akan kalian pelajari itu semua akan menjadi modal kalian untuk dapat menjadi Staff HRD.

5. Guru

Pastinya kalian sudah tau apa itu profesi guru, tapi di sini writer akan sedikit menjelaskan bahwa lulusan Administrasi Bisnis dapat menjadi seorang guru, yaitu Guru Administrasi dan Guru Akuntansi. Untuk menjadi Guru Administrasi pastinya dibutuhkan pengetahuab seputar administrasi dan untuk menjadi Guru Akuntansi pastinya dibutuhkan juga pengetahuan seputar akuntansi. Dan pastinya seputar pengetauan administrasi maupun akuntansi akan kalian dapatkan di Administrasi Bisnis karna nanti kalian mempelajari mata kuliah, seperti Pengantar Ilmu Administrasi Bisnis, Teori Organisasi, Kepemimpinan, Akuntansi Biaya, dan Akuntansi Bisnis.

6. Dosen/Staff Pengajar

Dosen merupakan salah satu prospek kerja yang akan dapat dilakoni oleh para lulusan Administrasi Bisnis. Namun ada syaratnya untuk menjadi seorang dosen, yaitu kalian harus menyelesaikan program studi S2 terlebih dahulu. Dengan menjadi lulusan S1dan S2 Administrasi Bisnis, pasatinya kalian akan sangat mengerti secara menyeluruh tentang teori dan praktik administrasi maupun bisnis.

7. Pegawai Bank

Sumber : Hipwee.com

Kalian pasti udah tau lah kalo pegawai bank ya seseorang yang kerja di bank (ya iyalah  masa di sekolah min heuheu). Nah, untuk menjadi pegawai bank ini akan sangat memungkin bagi kalian para lulusan Adminstrasi Bisnis nanti karena kalian akan mempelajari berbagai mata kuliah mengenai keuangan, akuntansi, pemasaran, dan komunikasi yang mana itu semua akan menjadi modal pengetahuan kalian untuk menjadi pegawai bank.

8. Marketing Staff

Secara singkatnya Marketif staff atau Staff Pemasaran adalah seseorang yang bertugas untuk memasarkan produk yang dimiliki oleh perusahaan. Tapi gak cuma memasarkan produk aja,seorang Marketing Staff juga harus mampu untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, merencanakan produk, dan melayani produk.Di Administrasi Bisnis sendiri ada beberapa mata kuliah tentang pemasaran, seperti Kebijakan dan Strategi Pemasaran, Inovasi Pemasaran, Komunikasi Pemasaran, dan Pemasaran Jasa. Itu semua akan menjadi modal kalian nanti setelah lulus sebagai sarjana Administrasi Bisnis untuk menjadi seorang Marketing Staff.

9. Pegawai Negeri Sipil

Menjadi PNS merupakan keinginan banyak orang karena pekerjaan ini merupakan pekerjaan tetap, gaji yang stabil, dan tunjangan yang menggiurkan. Kalian ketika berada di Administrasi Bisnis akan mempelajari pengetahuan seputar administrasi, organisasi, manajemen, keuangan, sumber daya manusia, ekonomi pembangunan, dan lainnya yang itu semua akan menjadi modal kalian nanti untuk dapat menjadi seorang PNS di BUMN.

Cukup sekian kali ini pembahasan Berkenalan dengan Adminstrasi Bisnis. Semoga dari penjelasan ini dapat memberikan manfaat bagi para kalian Camaba Administrasi Bisnis Unej 2020.

Terima kasih!

Oleh : Riky Aji Pramesta – Staff Departemen Pengembangan Akademik dan Kajian Sosial 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2020 Selamat Datang | Audioman by Catch Themes