Satu Langkah Lebih Dekat dengan Administrasi Negara

Assalamualaikum.

Hallo readers khususnya warga himaistra tercinta..

Sebelumnya, Welcome to Universitas Jember calon mahasiswa baru angkatan 2020.. udah gak sabar nih pastinya buat mulai kuliah, So sebelumnya harus tau dulu terkait jurusan/Program Studi yang kalian pilih dong. Pepatah mengatakan “Tak kenal maka tak sayang”, jangan sampe udah masuk gak tau apa yang dipelajari dan malah cenderung menilai salah jurusan. Atau pilih jurusan terpaksa tuntutan orang tua itu lebih double kill tekanan batinnya. Mulai sekarang kenali dulu jurusanmu, apa yang dipelajari dan apa prospek kedepannya siapa tau habis kenal, lanjut,cocok terus jatuh cintaa dah sama jurusannya.

Kali ini mau bahas lebih dalam nih terkait  salah satu jurusan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik yaitu Administrasi Negara. Biar kenal, yuk simak artikel berikut inii, cekidott..

Buat kalian calon maba, Apa yaa yang kalian maknai tentang Adminstrasi Negara atau Public Administration ? (lebih kerenn kan namanyaa ehehehe) Kesan pertama pasti Pengarsipan? atau identik dengan mengurus berkas yang menumpuk? atau bahkan berhubungan dengan surat menyurat? That’s false mamen!

Pandangan awam memilih jurusan administrasi negara dominan dengan alasan yang sudah dipaparkan. Miris yaa pengetahuan masyarakat umum masih menganggap jurusan ini belajar di bidang surat menyurat (Sad). Padahal ilmu administrasi negara cakupan atau ruang lingkup sangat luas seperti : belajar ilmu politik, hukum, Sosiologi, ekonomi dan lainnya. Namun kabar baiknya yang tidak suka hitung-hitungan, jurusan AN ini  tidak terlalu fokus belajar menghitung hanya peminatan saja. So, cocok buat calon maba yang ‘phobia’ sama angka.

Disini writer mau meluruskan bahwa administrasi negara merupakan program studi yang mempelajari bagaimana mengelola administrasi secara lebih spesifik, khususnya administrasi negara dan usur-unsur di dalamnya. Ilmu Administrasi Negara mempelajari tiga elemen penting dalam kehidupan bernegara meliputi lembaga eksekutif,legislatif dan yudikatif serta hal-hal yang berkaitan dengan publik seperti kebijakan dan manajemen publik.

Konsentrasi atau pemfokusan ilmu ada 3 yang nantinya dipilih pada semester 4 yaitu Kebijakan Publik,Manajemen Publik dan Pemerintahan Daerah. Gambaran umumnya kebijakan terkait proses pembuatan kebijakan mulai dari tahap perumusan,implementasi sampe tahap evaluasi kebijakan pemerintah. Konsentrasi kedua yaitu managemen publik dikaitan dengan mempelajari pelayanan terhadap masyarakat yang efektif. Dan terakhir pemerintahan daerah fokus tehadap hal-hal yang menyangkut suatu daerah kota/kabupaten.

Buat kalian readers  yang ingin mengenal lebih dalam seluk  beluk organisasi publik/birokrasi sudah pas banget pilih jurusan administrasi negara. Modal awal yang harus dimiliki yaitu kritis, rasional, senang menganalisis, public speaking, teiliti dan masih banyak lainnya. Bagi yang belum mempunyai karakter tersebut seiring berjalannya masa perkuliahan dapat dikembangkan.

Menginjak pertanyaan berikutnya yang dipusingkan para maba.

Pasti pertanyaan selanjutnya “Setelah  LULUS bisa kerja apa ?”

 Hal pertama ada difikiran kalian buat menata masa depan pastinya perlu dipertimbangkan buat memilih suatu jurusan yaitu terkait prospek kerja di masa depan.

Jangan khawatir jurusan administrasi negara menawarkan banyak variasi jenis pekerjaan diantaranya berikut ini.

(Gambar Ilustrasi : Ranesia.com)

1. Aparatur Pemerintahan / PNS

Pekerjaan ini cukup menggiurkan dan disenangi oleh masyarakat Indonesia dikarenakan gaji yang stabil disetiap bulannya dan  bahkan menjadi pekerjaan idaman calon mertua ehehehe.

Setelah proses pembelajaran terkait kenegaraan tentunya lulusan administrasi negara mengenal betul tata cara dalam menjalankan tatanan pememerintahan dari tingkat pusat ataupun daerah. Membuat dan menetapkan sebuah kebijakan, mengatur jalannya pemerintahan dengan cara yang efektif, menyediakan solusi terkait permasalahan yang ada di masyarakat dan cara melayani kebutuhan masyarakat dengan baik. Bergabung dan terlibat secara aktif dalam bekerja menjadi pejabat publik baik di kelurahan, kecamatan, kabupaten bahkan kementerian menjadi salah satu prospek kerja yang idaman dan paling tepat serta menjanjikan.

2. Staf ataupun Anggota Legislatif Pusat ataupun Daerah

Legislatif  atau sering identik dengan perwakilan rakyat yang bertugas menyusun strategi dan menentukan kebijakan pemerintah dikarenakan legislatif mengerti terhadap apa yang diinginkan dan dibutuhkan masyarakat. Bermodal ilmu tentang cara mengelola sebuah organisasi dan belajar membuat kebijakan serta pelayanan yang prima terhadap anggotanya diharapkan dapat menjadi pendorong dalam kegiatan pemerintahan kepada masyarakatnya.

3. Anggota Partai Politik

Kemampuan dalam publik speaking dan mempunyai keahlian berfikir secara kritis dalam melihat suatu fenomena tentunya dapat menjadi bagian dari anggota parta politik dikarenakan tahap ini ada langkah dasar dan menjadi kekuatan dalam menjalankan roda pemerintahan. Ketika mengingikan menjabat sebagai walikota atau bupati pada tingkatan daerah salah satu caranya yaitu didukung oleh partai politik maupun koalisi parpol yang ada. Pijakan awal dalam memulai menjalankan roda pemerintahan bisa menjadi anggota partai politik terlebih dahulu ya readers, disana pastinya akan mengenal lebih banyak pengetahuan tentang politik dan publik.

4. Tenaga Pendidik atau Dosen

Bekerja sebagai pihak yang dapat mentransformasikan pengetahuan terhadap mahasiswa menjadi pekerjaan yang favorit dari lulusan administrasi negara. APA itu ? Ya Dosen. Mengerti dan paham terhadap pengetahuan dan keilmuan tentang administrasi negara, menjadi dosen adalah salah satu tugas mulia dan cukup menjanjikan terhadap masa depan. Namun ada syaratnya lho, yaitu harus menyelesaikan program studi S2 atau mempunyai gelar master, wuishh.. ngeri sekali. Bukan jadi masalah ya readers, menimba dan belajar ilmu itu kan wajib bagi seseorang yaa, hehe..

5. Jurnalis

Buat kalian yang bakat dalam bidang menulis berita dan tulisannya nanti dapat dikirimkan atau dimuat di media masa. Lulusan administrasi negara tidak menutup kemungkinan buat jadi jurnalis dong. Berbekal kepekaan terhadap berbagai fenomena  atau isu tentang pemerintahan, sehingga dapat menganalisa sebuah permasalahan dan dapat menjadi alternatif solusi yang dihadapi pemerintah serta kemampuan dasar menguasai materi tentang politik dan pemerintahan.

Pekerjaan yang seru buat berpetualang dengan mengemban tugas meliput berbagai berita dan fenomena tentang pemerintahan menjadi prospek kerja yang menarik karena dapat turun langsung dalan kejadian tersebut. Selain itu kamu menjadi orang yang up to date terhadap suatu informasi dan pastinya akan banyak bertemu serta mewawancarai orang-orang hebat. Seru kann? pastinyaa.

6. Asisten Peneliti

Gambar Ilustrasi : timesindonesia.co.id

Melaksanakan pendampingan dengan seorang peneliti atau riset untuk memecahkan masalah terkait perbaikan kinerja dalam praktek penyelenggaraan roda pemerintahan menjadi pekerjaan yang seru pastinyaa, kita dapat mengetahui apa kekurangan dan apa yang harus diperbaiki dari aparat pemerintah untuk menyelenggarakan pemerintahan yang baik.

Cakupan publik dalam melakukan penelian sangatlah luas, untuk itu diperlukan asisten peneliti dalam membantu menyelesaikan penelitiannya. Dalam bekerja dikarenakan cakupan yang luas tidak dapat bekerja secara sendiri membutuhkan seorang asisten. Berbekal teori-teori tentang negara atau publik tentu sangat tepat bekerja di posisi tersebut.

7. Aktivis LSM / Organisasi Masyarakat

LSM / Lembaga Swadaya Masyarakat yang bekerja secara sukarela memberikan pelayanan kepada masyarakat tanpa mengharapkan keuntungan. Sebagai jurusan yang masuk di fakultas ilmu sosial dan politik, tentunya tidak hanya mengembangkan ilmu tentang politik tetapi juga belajar tentang ilmu sosial. Bentuk pengabdian ilmu sosial ini dapat berupa menjadi salah satu bagian dari aktivis LSM atau organisasi masyarakat. Kegiatannya dapat berupa memperjuangkan hak dan kewajiban kaum yang tertindas dan lemah terhadap kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dengan sifat tidak pro terhadap masyarakatnya.

Struktur Organisasi LSM dan Ormas harus dikelola dan dijalankan oleh prospek kerja lulusan administrasi negara karena paham betul terkait pengetahuan mengelola organisasi yang baik. Hal tersebut dapat dikatakan sebagai seorang aktivis dikarenakan  keproduktivan aktif dalam mewujudkan kebijakan agar tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan dan dibentuk berdasarkan kesamaan kepentingan yaitu membantu pembangunan masyarakat yang ideal.

8. Konsultan Pemerintah

(diskominfo.bandaacehkota.go.id)

Konsultan merupakan pekerjaan profesional yang memberikan nasehat  (consultancy service) khusunya dalam bidang pemerintahan. Banyaknya hambatan dan problematika dalam menyelenggarakan roda pemerintahan yang harus dipecahkan dan dicari solusinya. Pejabat publik membutuhkan seorang konsultan pemerintah agar dapat membuka pemikiran terkait hambatan-hambatan tersebut. Namun menjadi seorang konsultan harus mempunyai ide pemikiran yang liar untuk membangun pemerintahan yang baik. So, konsultas pemerintah menjadi salah satu pekerjaan yang diinginkan oleh lulusan jurusan administrasi negara.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Beberapa variasi pekerjaan paling favorit dari lulusan administrasi negara, beragam dan menarik kan prospek kerja di masa depan. Jangan minder dan putus asa yaa masuk Program Studi AN, soal prospek kerjah mah kece badai.

Cukup sekian kali ini pembahasan satu langkah lebih dekat dengan Public Administration atau Administrasi Negara. Semoga dapat membawa kebermanfaatan dan memberikan penerangan bagi pembaca. Tunggu buat informasi selanjutnyaa yaa buat Perkenalan dari Program Studi Administrasi Bisnis.

Wallahul Muwafiq Ila Aqwamith Thoriq

Wassalamualaikum Wr. wb.

Oleh : Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2020 Selamat Datang | Audioman by Catch Themes